Cara Murah Meriah Menuju Bandung

Assalamualaikum teman dan para pembaca:)

Post kali ini menambahi postingan IG: @yulipuspita06 tentang Nyampe Ke Bandung dengan Biaya 14.000.
Emang bisa? Beneran? Hehehe....benerrr...benerann bisa! I did it.
Tapi sebenarnya aku juga ga secara sengaja niat mau ngetrip dengan harga segitu sih. Mau tahu ga ceritanya?
Jumat, 25 Januari 2019, aku sudah membeli tiket kereta api untuk tanggal itu. Kereta terjadwal pukul 09.10 wib. Kereta yang akan aku naiki yakni serayu pagi. Aku sudah berencana untuk transit dulu di Cimahi sebentar, nostalgia waktu zaman praktek ngajar di SMK Pembangunan Cimahi. Karena ini kereta ekonomi, jadi berangkatnya bukan dari Stasiun Gambir, tapi dari Stasiun Senen.

Ok, pagi-pagi aku sudah bangun dan menyiapkan semuanya. Packing baju (baru packing jam 3 subuh:),bikin sarapan untuk orang rumah, mandi, kemudian siap-siap berangkat. Eh....pas berangkat itu hujan turun lumayan deras. Order gojek gak ada yang mau pick up..beberapa kali di coba tetap nihil. Yasudah akhirnya aku teruskan jalan dari gang rumah sampai ketemu angkot menuju stasiun Tanjung Barat. Sampai di Stasiun Tanjung Barat, kereta commuterline nya gak secepat biasa kedatangannya. Ini agak telat dan ketika ada pun Masha Alloh perjuangan sekali untuk bisa masuk kedalam kereta. Kereta juga sempat tertahan pas mau masuk stasiun manggarai. Hujan ternyata merata turunnya. Dari mulai Tanjung Barat sampai Manggarai rata diguyur hujan.

Di Stasiun Manggarai hujan benar-benar deras. Seperti tumpah dari langit. Baju, tas, kerudungku semuanya basah. Gojek tidak ada yang pick up. Aduh biyung!!piye iki?aku takut telat ketinggalan kereta. Lah....bener aja aku udah bela-belain naik ojek pangkalan yang matok tarif 30rb..padahal gojek hanya 12rb. Sudah menerjang hujan deras, amsyiong tukang ojek nya gak punya jas hujan, terus helm nya juga gak ada kaca penutup mukanya. Ya muka gue berasa ketusuk2 kena air hujan. Hidupp yaa...namanya juga...banyak kejutannya.

Dengan pakaian basah kuyup aku pun lemas saat dibilang petugasnya baru aja berangkat kereta serayu. Hanya tertinggal 10 menit. tetep aje telat ya...

Pelajaran yang bisa kuambil dari kejadian ini adalah: persiapkan segala sesuatunya 1 hari sebelum keberangkatan. Packing, print tiket, dan juga berangkat ke stasiun jangan mepet...min.3 jam sebelum jam keberangkatan guna mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

Yasalammm....tiketku hangus 70rb melayang #yowisbenlah
Masih mikir gimana alternatif ke Bandung. Gue mau balik lagi ke rumah juga malu..hahaha... cari-cari di pegi-pegi untuk hari jumat udah full booked semua. Meluncurlah ke om google untuk cari info transportasi. Terus tiba-tiba kepikiran
naik kereta lokal yang pernah kubaca di kompasiana. Pikirku gini..yasudahlah udah kadung basah (ini sih basah beneran bajunya..haha) masih belum ganti baju tuh, aku buru-buru menuju jalur commuterline dari senen ke kemayoran. Bodo amat orang ngeliatin..ni anak mana kali..kumuh banget.

Deket kok ke kemayoran..cuma 1 stasiun aja dari senen. Begitu sampeee langsung cari toilet untuk ganti baju. Fyi..toilet di stasiun kemayoran sangat buruk...kotor..dan juga pintunya pada rusak. Sangat ga nyaman rasanya. Baju sudah kuganti..alhamdulillah jauh lebih nyaman. Meskipun sepatu kets gak diganti ya...aku tetap pakai yang basah itu tanpa kaos kaii.huhu...perdjoengan sekali hari itu:/
Tadinya kupikir mau sarapan dulu aja. Kasian perutku keroncongan. Tapi kulihat bapak-bapak buru-buru membeli tiket di loket KA Lokal jurusan Purwakarta. Oo..yaudah aku ikutan beli. Harga tiketnya Rp.6.000.
tiket kereta

Stasiun pemberangkatan pertama stasiun tanjung priuk, lalu KA ini juga berhenti di stasiun kemayoran.. Aku setengah berlari mengikuti bapak-bapak itu yang terburu-buru karena memang sudah mepet saat beli tiket.

Mana pas mau naik kereta tidak tepat ada di pijakan turun/naik aku jadinya minta tolong sama si bapak yang jaket oranye ini untuk tarikin tanganku. Kereta lokal Walahar Ekspress ini gak berhenti lama..jadi kudu cepat-cepat nanti ketinggalan (lagi)..wkwkw..duh bagaikan mission impossible hari itu.

Trimakasih Bapak jaket oren

Alhamdulillah udah naik di kereta, kucari tempat duduk di sebelah teteh-teteh cantik. Dan depanku duduk bapak-bapak..sepanjang jalan engga ngobrol sih karena gak kenal juga. Yaudah...aku main hp dan tiduran aja.

Di dalam KA Walahar Ekspress
Suasana di dalam ka walahar ekspress

Kereta lokal ini sangat nyaman, bersih, dan juga aman. Tidak ada pedagang keliling atau sejenisnya. Waktu tadi naik dari stasiun Kemayoran pukul 10.15 wib lalu tiba di stasiun purwakarta jam 13.20 wib. Waw...lama sekali kan?kurang lebih 3 jam perjalanan di kereta. Tapi gak apalah murah meriah coy...enam rebu perak.hihi.
wehehe...:)

Kereta berhenti disemua stasiun seperti Bekasi, cikampek, karawang, dll, yang paling lama di stasiun cikampek. Namanya kereta ekonomi ya ngalah dulu sama kereta eksekutif yang lewat lah.hahaha...tapi so far, enakeun..kok.kalau gak lagi buru-buru sih boleh deh cobain naik ini. Itung-itung jalan-jalan hemat.

Dari Purwakarta Menuju Bandung
KA Lokal PWK-Cibatuan

Setelah sampai di stasiun purwakarta sekitar jam 13.20an aku keluar stasiun. Trus agak bingung mau cari makan dimana..dekat stasiun ada sih tapi banyakan yang gerobak. Yaudah sambil jalan aku nemu Alfamart deh...lalu aku beli minum dan cemilan dlu. Di depan Alfa ada yang jual fried chicken gitu...semacam Hisana atau Ayam bersih berkah gitu.  Aku mutusin untuk makan fried chicken aja. Eh, dihari ini (jumat) kok toko-toko maupun warung makanan di dekat stasiun purwakarta pada tutup ya. Aku juga gak tau kenapa.
Depan stasiun purwakarta

jalan masuk stasiun pwk

Perut sudah kenyang, minum sudah beli..aku kembali lagi ke stasiun. Keberangakatan KA Lokal Purwakarta Cibatu(Garut) masih jam 16.00 WIB. Karena perlu ngecas dan biar rada enak tempatnya, akhirnya aku jajan dulu di Roti O. Sambil ngecas hpšŸ¤£ kok lama ya...weh, pembelian tiket baru dibuka pukul 15.00 wib, tapi kulihat sebelum jam 15.00 orang-orang udah pada baris bikin antrian di depan loket penjualan tiket. Aku yang masih menikmati coklat panas jadi gercep juga ikut2an antri..wohoo udah lumayan panjang aja itu antrian.

Memang untuk tiket KA lokal gak bisa beli online..hanya bisa go show alias beli ditempat. Harganya murah banget cuma Rp.8.000 saja. Fasilitas dan bentuk kereta sama seperti KA Walahar Ekspress lah. Waktu itu kereta yang kunaiki gak banyak penumpangnya sih...banyak kursi kosong.
Tiket Pwk-Cibatu
Free colokan

Yang bikin betah di kereta ini tuh ya pemandangan kiri kanan yang hijauuu sejauh mata memandang. Indahh bangett...sawah, ladang, pepohonan..seger banget dipandang mata. Benar2 cuci mata dan bikin pikiran jadi relax.

Kereta PWK-Cibatu untungnya ontime berangkat jam 16.00. Aku tidak lupa shalat zuhur dan ashar dijamak sekalian...ada toilet yang bersih dan wangi di stasiun pwk..hanya saja musholla kecil;juga tidak ada pembatas antara pria dan wanita..tempat wudhunya pun menjadi satu antara pria dan wanita.

Kereta melaju..gijag gijug...jegleg..jegleg diatas rel.

Alhamdulillah dengan semangat berjuang yang pantang menyerahšŸ˜„ tibalah aku di stasiun Bandung waktu magrib. Gak nyangka bisa sampai di bandung dengan Rp.14.000. Etapiii....tadi belum dihitung makan siang, minum, jajan di Roti O.wkwkw...šŸ˜„šŸ˜„šŸ˜„

Sekian ceritaku tentang perjalanan naik kereta api lokal murah meriah. Ternyata bisa dengan uang 14rb sampai bandung. Pssstt...kalau mau hemat lagi bawa minum dan bekal dari rumah ya.hehe

Popular posts from this blog